Penilaian Portofolio™

Posted by ilustrasi ilmu on 1/11/2015 10:54:00 AM with No comments

  

* Pengertian Penilaian Portofolilo


Portofolio sebenarnya  berasal dari bahasa inggris ”portofolio” yang artinya dokumen atau surat-surat. Pendapat lain menyatakan portofolio berasal dari kata kerja “potare” berarti membawa dan kata benda bahasa latin “foglio”, yang berarti lembaran atau“kata kerja”. Portofolio tempat berisikan benda pekerjaan, lembaran, nilai dan profesional. Dalam konteks ini portofolio adalah koleksi berharga dan berguna  berisikan benda pekerjaan peserta didik yang menceritakan atau menerangkan sejarah prestasi atau pertumbuhan peserta didik dalam dunia pendidikan, portofolio dapat digunakan guru untuk melihat  perkembangan  peserta didik dari waktu ke waktu berdasarkan kumpulan hasil karya sebagai bukti dari suatu kegiatan pembelajaran
.
Portofolio juga dapat dipandang sebagai suatu proses sosial pedagogis, yaitu sebagai collection oflearning  experience yang terdapat didalam pikiran peserta didik, baik yang berwujud pengetahuan (cognitive),   keterampilan (psychomotor) maupun sikap dan nilai (affective). Artinya, portofolio bukan hanya berupa benda nyata, melainkan mencakup “segala pengalaman batiniah” yang terjadi pada diri peserta didik.Portofolio juga dapat digunakan oleh peserta didik untuk mengumpulkan semua dokumen dari ilmu pengetahuan yang telah dipelajari, baik dikelas, di halaman sekolah atau di luar sekolah.
Dalam bidang bahasa, portofolio dapat merupakan suatu adjective yang sering disandingkan dengan konsep lain, seperti pembelajaran dan penilaian, karena itu timbul istilah portfolio-based instruction dan  portofolio based  assessment.

Para ahli berpendapat, portofolio memiliki beberapa pengertian. Ada yang memandang sebagai benda/alat, dan ada pula yang memandang sebagai metode/teknik/cara. Portofolio sebagai suatu wujud benda fisik, atau kumpulan suatu hasil (bukti) dari suatu kegiatan, atau bundelan, yakni kumpulan dokumentasi atau hasil pekerjaan peserta didik yang disimpan dalam suatu bundel. Misalnya, bundelan hasil kerja peserta didik mulai dari tes awal, tugas-tugas, catatn anekdot, piagam penghargaan, keterangan melaksanakan tugas terstruktur, sampai pada tes akhir. Portofolio ini merupakan kumpulan karyaterpilih dari peserta didik, baik perseorangan maupun kelompok. Istilah karya terpilih menunjukkan bahwa tidak semua karya peserta didik dapat dimasukkan ke dalam portofolio tersebut. Karya yang diambil adalah karya terbaik, karya yang paling penting dari pekerjaan peserta didik, yang bermakna bagi peserta didik,sesuai dengan tujuan pembelajaran atau kempetensi yang telah diterapkan.

           Penilaian Portofolio  dapat diartikan sebagai kumpulan karya siswa yang di susun secara sistematis secara terorganisir sebagai hasil dari usaha pembelajaran yang telah dilakukanya dalam kurun waktu tertentu.  Melalui  hasil karya tersebut guru dapat melihat perkembangan kemampuan siswa baik dalam aspek pengetahuan, sikap maupun keteramnpilan sebagai bahan penilaian. Hasil karya yang dihasilkan bisa hasil karya yang dikerjakan di dalam kelas atau juga bisa hasil kerrja siswa yang dihasilkan di luar kelas. Hasil karya itu kemudian bisa dinamakan evidence. Melalui evidence inilah siswa dapat mendemonstrasikan unjuk kerja kepada orang lain, baik tentang pengetahuan, sikap maupun keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

           Penilaian portofolio bertujuan sebagai alat formatif maupun sumatif. Portofolio sebagai alat formatif digunakan untuk memantau kemajuan peserta didik dari hari kehari dan untuk mendorong peserta didik dalam  merefleksi pembelajaran mereka sendiri. Portofolio seperti ini difokuskan pada proses perkembangan peserta didik dan digunakan untuk tujuan formatif dan diagnostik. SUMATIF….?
Portofolio digunakan sebagai alat pengajaran dan juga sebagai alat penilaian. Penilaian portofolio mengharuskan peserta didik untuk mengkoleksi dan menunjukkan hasil kerja mereka. Dalam hal ini penilaian portofolio dapat dianggap sebagai salah satu alat pengajaran yang merupakan komponen kurikulum.    

*Fungsi portofolio itu sendiri sebage berikut :
              a.       Sebagai alat untuk melihat perkembangan tanggung jawab peserta didik dalam belajar
              b.      Perluasan dimensi belajar
              c.       Pembaharuan kembali proses belajar-mengajar:
              d.      Penekanan pada pengembangan pandangan peserta didik dalam belajar.

*Manfaat portofolio:
             a.      Penilaian portofolio dapat memberika gambaran yang utuh tentang perkembangan kemampuan                     siswa, artinya  melalui penilain portofolio informasi yang didapatkan bukan hanya sekedar                             pengetahuan saja, akan tetapi juga sikap dan keterampilan.
             b.   Penilaian portofolio merupakan penilain yang autentik. Artinya memberikan gambaran secara nyata                 tentang kemampuan siswa yang sesungguhnya. Mengapa demikian? Sebab portofolio adalah                         dokumen asli yang berisi tentang sekumpulan karya siswa. Melalui dokumen itulah tergambarkan                   kemampuan siswa yang sesumgguhmya.
            c.       Penilaian portofolio merupakan teknik penilain yang dapt mendorong siswa pada pencapaian hasil                 yang lebih baik dan lebih sempurna, siswa dapat belajart optimal, tanpa merasa tertekan.
d.                              Penilain portofolio dapat menimbulka motivasi belajar siswa.
            e.      Penilain portofolio dapat mendorong para orang tua siswa untuk aktif terlibat dalam proses                           pembelajaran siswa. Hal ini disebabkan setiap perkembangan siswa yang digambarkan melalui hasil               kerja siswa, orang tuan dimintai omentarnya.
*Perbedaasn tes dan portifolio
No
Tes
Penilaian Portofolio
1
Tes biasanya dilakukan untuk menilai kemampuan intelektual siswa melalui penguasaan materi pembelajaran
Penialain portofolio menilai seluruh aspek perkembangan siswa baik intelektual minat sikap dan keterampilan
2
Guru berperan sangat dominan dalam proses penilaian sedangkan siswa berperan sebagai orang yang dinilai
Peserta didik terlibat dalam proses penilain dengan menilai dirinya sendiri mengenai kemampuan beserta dalm perkembanganya.
3
Criteria penilain ditentukan satu untuk semua
Criteria penilain ditentukan sesuai dengan karakteristik siswa
4
Keputusan berdasarkan penialain ditentukan sendiri oleh guru
Proses penilaian beserta pengambilan keputusan dilakukan dengan carakolaboratif antara guru siswa dan orang tua
5
Penilaian dilakukan dengan berorientasi pada pencapain hasil belajar
Penilain berorientasi pada kemajuan, usaha yang dilakukan siswa termasuk pencapaian hasil siswa
6
Penilain merupakan kegiatan yang terpisah dari proses pembelajaran
Penialain merupakan bagian integraldari proses pembelajara
7
Penilain melalui tes biasanya dialakukan pada akhir program pembelajaran
Penialain portofolio dilakukan selamaproses pembelajaran berlangsung
*Prinsip-prinsip portofolio
1. Saling percaya
       Penilaian portofolio adalah penilaian yang melibatkan siswa secara aktif sebagai pihak yang dievaluasi.          Antara guru sebagai evaluator danm siswa sebagai pihak yang dievaluasi harus saling percaya. Siswa            harus memiliki kepercayaan bahwa evaluasi yang dilakukan guru bukan semata-mata untuk menilai hasil        pekerjaannya, akan tetapi sebagai upaya pemberian umpan balik untuk meningkatkan hasil belajar.
2. Keterbukaan
       Portofolio adalah penilaian yang dilaksanakan penilaian yang dilaksanakan secara terbuka, artinya guru          sebagai evaluator bukan hanya berperan sebagai orang yang memberikan nilai atau kritik, akan tetapi            siswa yang dievaluasi perlu memahami mengapa kritik itu muncul, oleh sebab itu guru harus terbuka                melalui argumentasi yang tepat dalam setiap memberikan penilaian.   
3 .Kerahasiaan
       Sebelum diadakan demonstrasi atau pameran, kerahasiaan dokumen setiap siswa perlu dijaga. Hal ini            untuk menumbuhkan kepercayaan setiap siswa.
4. Milik bersama
       Guru dan peserta didik harus merasa bahwa evidenceportofolio adalah milik bersama, oleh sebab itu            semua pihak harus menjaganya secara baik. Guru dan siswa perlu sepakat diamana evidence itu                    disimpan, karena hal ini akan mempermudah manakala siswa atau guru memerlukannya.

5. Kepuasan dan kesesuaian
       Hasil akhir dari penilaian portofolio adalah ketercapaian kompetensi seperti yang dirumuskakn dalam            kurikulum. Guru dan siswa akan merasa puas manakala kompetensi itu telah tercapai, oleh karena itu            terkumpulnya evidence merupakan kepuasan baik bagi guru maupun bagi siswa.

6. Budaya pembelajaran
      Penilaian portofolio harus dapat mengembangkan budaya belajar. Sebab penilaian portofolio itu sendiri         pada dasarnya mengandung proses pembelajaran.

7. Refleksi
      Penilaian portofolio harus memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk melakukan refleksi             tentang proses pembelajaran yang telah dilkukannya. Melalui refleksi siswa dapat menghayati tentang             proses berfikir mereka sendiri, kemampuan yang telah mereka peroleh, serta pemahaman mereka                 tentang kompetensi yang telah dimilikinya
.
8. Berorientasi pada proses dan hasil
      Penilaian portofolio bertumpu pada dua sisi yang sama pentingnya, yakni sisi proses dan hasil belajar             secara seimbang. Penilaian portofolio mengikuti setiap aspek perkembangan siswa, bagaimana cara               belajar siswa, bagaimana motivasi belajar, sikap, minat, kebiasaan dan lain sebagainya, dan pada                   akhirnya bagaimana hasil belajar yang diperoleh siswa. Dengan demikian, penilaian portofolio tidak               hanya sekedar menilai hasil akhir yang dimiliki siswa akan tetapi juga menialai proses pembelajaran yang       dilakukjan siswa. 
*Tahapan Pelaksanaan Portofolio
1. Menentukan tujuan portofolio
      Yaitu merumuskan tujuan yang ingin dicapai. Dengan tujuan yang jelas dan terarah akan memudahkan           bagi guru untuk mengelola pembelajaran
2. Penentuan isi  portofiolio
      Isi dalam portofolio harus dapat menggambarkan perkembangan kemampuan siswa yang sesuai dengan         standar kompetensi seperti yang dirumuskan dalam kurikulum.
3. Menentukan criteria dan format penialain
      Criteria penialain disusun sebagai standar patokan untuyk guru dalam menentukan keberhasilan proses           dan hasil pembelajaran pada setiap aspek yang akan dinilai.

           *Kaunggulan dan Kelemahan Portofolio

1 Keunggulan                                                                                                                                           

  •                               menilai kemampuan siswa secara menyeluruh
  •                               Penialain portofolio dapat menjamin akuntabilitas
  •                               Penialain poerofolio merupakan penialain yang bersifat individual
  •                               Penilaian portofolio merupakan penilaian yangbterbuka
  •                               Penialainportofolio bersifat self evaluation
2 Kelemahan

  •                            Memerlukan waktu dan kerja keras 
  •                              Memerlukan perubahan cara pandan
  •                              Memerlukan perubahan gaya belajar
  •                              Memerlukan perubahan system pembelajaran