rpp kelompok

Posted by ilustrasi ilmu on 1/22/2015 11:21:00 PM with No comments
RENCANA PELAKSANAAN PEMEBLAJARAN
 (RPP)

 






           



                                                                       

Disusun Oleh :
          Dewinta Putri A                      (1312054)
          Alfi Chasanah                         (13120549)
          Hilda widyaningrum                (13120557)
          Muhamad Muzaki          A       (13120569)
          Muhamad Mansur                   (13120598)



KELAS 3 M
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
 2015


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SatuanPendidikan    
Kelas / Semester         :  4 /1
Tema                          Selalu Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema                   Macam-macam Sumber Energi (Sub Tema 1)
Pembelajaranke        :  2
Alokasiwaktu             :  2 x 35 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

IPA
3.4    Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.7    Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.

SBdP
3.5    Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif.
4.4    Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan.

Bahasa Indonesia
3.1    Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2    Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan panca indra serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1    Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2    Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan
pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiridalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.


C.    INDIKATOR

IPA
1.      Menjelaskan melalui tulisan laporan tentang pemanfaatan sumber energi angin dan air, dalam kehidupan

SBdP
2.      Mendesain kincir air dan kincir angin sederhana menggunakan media kertas dan plastik bekas, dan meningkatkan keterampilan menggunting, melipat dan menempel berdasarkan instruksi tertulis secara mandiri.

Bahasa Indonesia
3.      Menyajikan laporan hasil percobaan dan pengamatan tentang sumber energi angin dan air serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
Mempraktikkan teks instruksi tentang pembuatan kincir angin

D.    TUJUAN
1.      Dengan percobaan dan pengamatan, siswa mampu membandingkan melalui tulisan tentang manfaat energi angin dan energi air serta pemanfaatan kincir air dan kincir angin dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan data hasil percobaan.
2.      Dengan kegiatan membuat kincir air dan kincir angin, siswa mampu meningkatkanketerampilan menggunting, melipat, dan menempel berdasarkan instruksi tertulis secara mandiri.
3.      Setelah percobaan membuat kincir air dan kincir angin, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan dan pengamatan tentang kincir air dan angin menggunakan kosa kata baku dengan benar.

E.     MATERI
Materi tentang berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. (Terlampir).


F.     PENDEKATAN & METODE

Pendekatan            : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah


G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
a. Orientasi
·         Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing- masing.
·         Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
b. Apersepsi
·         Mengajak semua siswa menyanyikan lagu “Pergi Belajar”
c. Motivasi
·         Guru memberikan motivasi mengenai Tema yang akan dipelajari.  Tema “Selalu berhemat energi ” dengan Subtema “ macam – macam sumber energi”
d. Pemberian acuan
·         Menginformasikan Tema “Selalu berhemat energi ” dengan Subtema “macam – macam sumber energi”.

10
Menit
Kegiatan
Inti
1.      Di awal pembelajaran, siswa diajak mengamati lampu di ruang kelas, minta satu siswa untuk menyalakan dan memadamkan lampu tersebut lewat saklar yang ada.
2.      Guru mengajukan pertanyaan, (tuliskan jawaban siswa di papan tulis).
3.      Guru mengajukan pertanyaan terbuka: “Bagaimana peranan arus listrik dalam kehidupan sehari-hari? Adakah manfaatnya?”
4.      Siswa melakukan pengamatan pada benda-benda elektronik di sekitar sekolah, mengidentifikasi kegunaan dan perubahan bentuk energi, serta mencatat hasil pengamatan dalam bentuk tabel.
5.      Siswa diperlihatkan mengenai video macam macam energi.
6.      Siswa menarik kesimpulan tentang kegunaan benda serta hubungannya dengan arus listrik yang merupakan salah satu bentuk energi, dengan mengajukan beberapa pertanyaan
7.      Guru mempersiapkan kertas dan alat- alat yang digunakan untuk mendemontrasikan pembuatan “kincir angin” sebagai salah satu energi non eletronik
8.      Guru meminta siswa berkelompok membuat kincir angin impianya dan mengamati energi apa saja yang ada didalam kincir tersebut.
9.      Guru mengulas ulang tentang energi yang diperoleh dari pembuatan kincir angin


150
Menit
Penutup

a.        Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/   rangkuman hasil belajar.
b.        Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
c.        Melakukan penilaian hasil belajar
d.       Guru memberi PR kepada siswa
e.        Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15
Menit




H.    SUMBER  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         BukuPedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku SiswaTema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Macam-macam Sumber Energi.
Kertas berbentuk persegi /origami (kertas warna, majalah/koran bekas), gelas plastik bekas, sumpit atau lidi, lem kertas, jarum/paku payung, gunting.
Energi Angin dan Energi Air.
Perkiraan tentang kincir angin:
a.    Apa yang membuat kincir berputar? (ditiup angin)
b.    Sumber energi apa yang bisa menggerakkan kincir itu? (angin)
c.    Bentuk energi apa yang timbul saat kincir berputar? (gerakan)
d.   Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari? (untuk bermain, sebagai benda perantara yang merubah sumber energi angin menjadi bentukenergi gerak pada baling-baling, dan mengakibatkanpompa bergerakmemompa air)
Artikel tentang energi air dan pompa air tenaga angin.



I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilaian Sikap
Rasa ingin tahu, kerjasama, tekun.
b.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
c.       Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Sikap
1.      Rasa Ingin Tahu
2.      Kerjasama
3.      Tekun
b.      Penilaian Proses
1.      Penilaian Kinerja
2.      Penilaian Produk
c.       Penilaian Hasil Belajar
1.      Pilihan Ganda
2.      Isian Singkat
3.      Esai atau uraian
                        

A.    Penilaian Sikap
Subtema : Macam-macam Sumber Energi
No.
Nama Peserta Didik
Perubahan Tingkah Laku
Rasa Ingin Tahu
Kerjasama
Tekun
BT
MT
SB
SM
BT
MT
SB
SM
BT
MT
SB
SM
1.













2.













3.













Keterangan :
BT    : Belum Terlihat
MT   : Mulai Terlihat
SB    : Sudah Berkembang
SM    : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.



B.     Rubrik membuat Kincir Angin
Kriteria
Bagus Sekali
4
Bagus
3
Cukup
2
Berlatih lagi
1
Model kincir



Kincir berbentuk
sesuai dengan
instruksi dan dapat
berputar dengan
sempurna.

Kincir kurang sesuai
dengan instruksi
tetapi dapat
berputar dengan
sempurna.

Kincir berbentuk
sesuai dengan
instruksi tetapi
tidak dapat
berputar dengan
sempurna.

Kincir tidak
berbentuk sesuai
instruksi dan
tidak dapat
berputar.

Sikap
(kemandirian
dan ketertiban)



Tertib mengikuti
instruksi, dan
selesai tepat waktu
serta mampu
mendesain setiap
bagian dengan
mandiri.

Tertib mengikuti
instruksi, dan
selesai tepat waktu,
tetapi dibimbing
untuk mengerjakan
beberapa bagian
dari kincir.

Tertib mengikuti
instruksi, dan
selesai tepat
waktu tetapi
dibimbing untuk
mengerjakan
seluruh bagian
kincir.

Tidak tertib
tidak mandiri
dan dibimbing
untuk
mengerjakan
semua bagian.

Keterampilan
mengomunikasikan
hasil.



Penjelasan
mudah dipahami,
pemilihan kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku.

Penjelasan mudah
dipahami, pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku.

Penjelasan kurang
dipahami, pemilihan
beberapa
kata sesuai/
tidak
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku.

Penjelasan
sulit dipahami,
pemilihan kata
tidak sesuai
dengan bahasa
Indonesia baku.

Catatan: Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian x 10, contoh x 10 = x 10 = 10









Mengetahui,
Dosen Pengampu





………………………………
NIP. …………………………
Semarang, Desember 2014



                      Mahasiswa





.................................................
   NPM. .........................................




































LAMPIRAN