rpp kelompok
Posted by ilustrasi ilmu on 1/22/2015 11:21:00 PM with No comments
RENCANA PELAKSANAAN PEMEBLAJARAN
(RPP)
Disusun Oleh :
Dewinta
Putri A (1312054)
Alfi Chasanah (13120549)
Hilda
widyaningrum (13120557)
Muhamad Muzaki A (13120569)
Muhamad Mansur (13120598)
KELAS 3 M
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH
DASAR
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI
SEMARANG
2015
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan :
Kelas / Semester :
4 /1
Tema :
Selalu
Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema :
Macam-macam
Sumber Energi (Sub Tema 1)
Pembelajaranke :
2
Alokasiwaktu : 2 x 35 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4
Membedakan berbagai bentuk energi
melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang
diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
SBdP
3.5
Mengetahui berbagai alur cara dan
pengolahan media karya kreatif.
4.4 Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk
melengkapi proses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan.
Bahasa Indonesia
3.1
Menggali informasi dari teks laporan
hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
3.2
Menguraikan teks instruksi tentang
pemeliharaan panca indra serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan
teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan
cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
4.2
Menerangkan dan mempraktikkan teks
arahan/petunjuk tentang pemeliharaan
pancaindera
serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiridalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
C.
INDIKATOR
IPA
1.
Menjelaskan melalui
tulisan laporan tentang pemanfaatan sumber energi angin dan air, dalam kehidupan
SBdP
2. Mendesain
kincir air dan kincir angin sederhana menggunakan media kertas dan plastik
bekas, dan meningkatkan keterampilan menggunting, melipat dan menempel
berdasarkan instruksi tertulis secara mandiri.
Bahasa Indonesia
3.
Menyajikan laporan hasil
percobaan dan pengamatan tentang sumber energi angin dan air serta
pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
Mempraktikkan
teks instruksi tentang pembuatan kincir angin
D.
TUJUAN
1.
Dengan percobaan dan
pengamatan, siswa mampu membandingkan melalui tulisan tentang manfaat energi
angin dan energi air serta pemanfaatan kincir air dan kincir angin dalam
kehidupan sehari-hari berdasarkan data hasil percobaan.
2.
Dengan kegiatan membuat
kincir air dan kincir angin, siswa mampu meningkatkanketerampilan menggunting,
melipat, dan menempel berdasarkan instruksi tertulis secara mandiri.
3.
Setelah percobaan
membuat kincir air dan kincir angin, siswa mampu menyajikan laporan hasil
percobaan dan pengamatan tentang kincir air dan angin menggunakan kosa kata
baku dengan benar.
E. MATERI
Materi tentang
berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari.
(Terlampir).
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, DiskusidanCeramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
H. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
BukuPedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku SiswaTema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup
·
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Macam-macam Sumber Energi.
Kertas berbentuk persegi /origami
(kertas warna, majalah/koran bekas), gelas plastik bekas, sumpit atau lidi, lem
kertas, jarum/paku payung, gunting.
Energi
Angin dan Energi Air.
Perkiraan tentang kincir
angin:
a.
Apa yang membuat kincir
berputar? (ditiup angin)
b.
Sumber energi apa yang
bisa menggerakkan kincir itu? (angin)
c.
Bentuk energi apa yang
timbul saat kincir berputar? (gerakan)
d.
Apa manfaat kincir
angin dalam kehidupan sehari-hari?
(untuk bermain, sebagai benda perantara yang merubah sumber energi angin menjadi bentukenergi gerak pada baling-baling,
dan mengakibatkanpompa bergerakmemompa air)
Artikel
tentang energi air dan pompa air tenaga angin.
I. PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilaian Sikap
Rasa ingin tahu,
kerjasama, tekun.
b.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
c.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian Sikap
1.
Rasa Ingin Tahu
2.
Kerjasama
3.
Tekun
b.
Penilaian Proses
1.
Penilaian Kinerja
2.
Penilaian Produk
c. Penilaian Hasil Belajar
1.
Pilihan Ganda
2.
Isian Singkat
3.
Esai atau uraian
A.
Penilaian Sikap
Subtema
: Macam-macam Sumber Energi
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Rasa
Ingin Tahu
|
Kerjasama
|
Tekun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
SB
|
SM
|
BT
|
MT
|
SB
|
SM
|
BT
|
MT
|
SB
|
SM
|
||
1.
|
|||||||||||||
2.
|
|||||||||||||
3.
|
|||||||||||||
Keterangan :
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
SB :
Sudah Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.
|
B.
Rubrik
membuat Kincir Angin
Kriteria
|
Bagus Sekali
4
|
Bagus
3
|
Cukup
2
|
Berlatih lagi
1
|
Model kincir
|
Kincir berbentuk
sesuai dengan
instruksi dan dapat
berputar dengan
sempurna.
|
Kincir kurang sesuai
dengan instruksi
tetapi dapat
berputar dengan
sempurna.
|
Kincir berbentuk
sesuai dengan
instruksi tetapi
tidak dapat
berputar dengan
sempurna.
|
Kincir tidak
berbentuk sesuai
instruksi dan
tidak dapat
berputar.
|
Sikap
(kemandirian
dan ketertiban)
|
Tertib mengikuti
instruksi, dan
selesai tepat waktu
serta mampu
mendesain setiap
bagian dengan
mandiri.
|
Tertib mengikuti
instruksi, dan
selesai tepat waktu,
tetapi dibimbing
untuk mengerjakan
beberapa bagian
dari kincir.
|
Tertib mengikuti
instruksi, dan
selesai tepat
waktu tetapi
dibimbing untuk
mengerjakan
seluruh bagian
kincir.
|
Tidak tertib
tidak mandiri
dan dibimbing
untuk
mengerjakan
semua bagian.
|
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil.
|
Penjelasan
mudah dipahami,
pemilihan kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku.
|
Penjelasan mudah
dipahami, pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku.
|
Penjelasan kurang
dipahami, pemilihan
beberapa
kata sesuai/
tidak
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku.
|
Penjelasan
sulit dipahami,
pemilihan kata
tidak sesuai
dengan bahasa
Indonesia baku.
|
Catatan: Centang (√) pada bagian yang memenuhi
kriteria.
Penilaian x 10, contoh x 10 = x 10 = 10
Mengetahui,
Dosen Pengampu
………………………………
NIP. …………………………
|
Semarang, Desember 2014
Mahasiswa
.................................................
NPM.
.........................................
|
LAMPIRAN
0 comments:
Post a Comment